Kegiatan Car Free Day (CFD) Dipindah ke 32 Titik

Kegiatan Car Free Day (CFD) Dipindah ke 32 Titik
Kegiatan Car Free Day (cfd) Dipindah Ke 32 Titik
HUT RI 75

Kegiatan Car Free Day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor di Jakarta tak lagi digelar di kawasan Sudirman-Thamrin untuk sementara. Mulai Minggu (28/6), kegiatan itu dipindah ke 32 titik yang tersebar di Jakarta.

Misalnya untuk kawasan Jakarta Selatan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menyelenggarakan CFD di Jalan Tebet Barat Dalam Raya.

Kegiatan CFD di Tebet ini terpantau tak terlalu sesak masyarakat. Masyarakat rata-rata datang menggunakan sepeda secara rombongan, namun dengan jumlah yang tak terlalu banyak.

Tampak juga puluhan personel gabungan Dishub DKI, Satpol PP, hingga Polisi Militer (PM) ikut berjaga di lokasi.

Selain di Tebet, kawasan lain Jakarta Selatan yang menjadi lokasi CFD yaitu di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Antasari. Petugas mulai menutup akses kendaraan di JLNT dari arah Cipete menuju Blok M dan sebaliknya bagi kendaraan.

Kendaraan dari Jalan Taman Bintaro Barat menuju Jalan RC Veteran bisa melalui Jalan Cempaka V menuju Jalan Cempaka Raya.

Atau kendaraan dari Jalan RC Veteran menuju Jalan Cempaka Raya-Jalan Cempaka IV dan Jalan Taman Bintaro Barat.

“Rencana pengalihan harus untuk kendaraan yang akan melintas ke atau dari Jalan Cipete Raya dapat menggunakan Jalan BDN Raya menuju Jalan Gaharu dan Jalan Gaharu III lalu seterusnya,” kata Budi.

Kegiatan CFD di wilayah Jakarta Selatan kembali dibuka mulai hari Minggu ini setelah pelaksanaan hari bebas kendaraan bermotor di Sudirman-Thamrin dialihkan ke lima wilayah kota administrasi.

Kegiatan dilaksanakan selama tiga jam dari pukul 06.00 sampai dengan 09.00. Warga yang beraktivitas diwajibkan mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak fisik, tidak berkerumun.

CFD dibatasi untuk kelompok berisiko seperti anak berusia di bawah 9 tahun, lansia di atas 60 tahun dan ibu hamil. Tidak dibolehkan adanya aktivitas perdagangan dan partisipasi lainnya yang menimbulkan orang berkerumun.

Olahraga yang dianjurkan selama CFD adalah bersepeda serta joging. Hal ini bertujuan supaya masyarakat tidak berkerumun karena kedua aktivitas olah fisik ini menuntut orang untuk bergerak tidak diam di tempat. “Masyarakat dihimbau agar selalu mematuhi semua protokol kesehatan yang sudah ditetapkan dan tidak melakukan kegiatan yang mengakibatkan kerumunan orang,” kata Budi. {}

More News