Tolak Rencana Aneksasi Israel, Indonesia Desak ASEAN Dukung Hak Palestina

Tolak Rencana Aneksasi Israel, Indonesia Desak ASEAN Dukung Hak Palestina
Indonesia Desak Asean Dukung Hak Palestina Dan Tolak Rencana Aneksasi Israel Flx
HUT RI 75

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi mendesak negara-negara ASEAN untuk mendukung hak-hak Palestina dan tolak rencana aneksasi Israel. Hal itu disampaikan Retno saat pertemuan virtual Dewan Komunitas Keamanan Politik ASEAN.

Dalam pertemuan itu, Retno Marsudi menyampaikan isu Palestina yakni terkait rencana aneksasi Tepi Barat yang akan dilakukan oleh Israel dalam pertemuan ASEAN Political and Security Community Council (APSC) ke-35, Rabu (24/6). Ia kembali menekankan rencana aneksasi tersebut merupakan pelanggaran hukum internasional dan berbagai resolusi PBB. “Hal itu juga dapat memundurkan upaya diplomasi dan perdamaian serta melemahkan two state solution” ucap Retno.

“Saya mengajak negara anggota ASEAN untuk dapat bertindak kolektif mendukung hak-hak Palestina dan menolak rencana aneksasi oleh Israel,” sambungnya saat menggelar konferensi pers virtual pada Rabu (24/6/2020).


Retno kemudian mengatakan, dia juga telah mengikuti pertemuan pertemuan Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA). Indonesia, jelas Retno, menyampaikan komitmen untuk memberikan kontribusi keuangan bagi Palestina antara lain melalui UNRWA.


“Saat ini semua negara sedang menghadapi situasi yang tidak mudah karena pandemi, namun Indonesia masih memiliki hati dan komitmen untuk berbagi, dan mendukung perjuangan Palestina termasuk kontribusi finansial kita bagi UNRWA,” tukasnya.

More News