Golkar soal Anies Dipanggil Polisi Gegara Acara HRS: Hukum Berlaku untuk Semua

Golkar Kritik 3 Tahun Anies Gubernur: Terkesan Pemilik Tunggal Jakarta
HUT RI 75

Golkar DKI Jakarta mengapresiasi langkah pemanggilan untuk klarifikasi terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan buntut kerumunan di acara Habib Rizieq Syihab. Klarifikasi terhadap Anies dinilai sebagai bukti hukum yang berlaku sama untuk semua pihak.

“Sudah sangat tepat. Ini pembuktian bahwa hukum berlaku untuk semua. Jangan hanya masyarakat saja yang dikenakan hukum, tapi siapa pun wajib dijerat dengan hukum jika memang melanggar hukum,” kata Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta Basri Baco kepada wartawan, Senin (16/11/2020).

Menurut Basri, polisi tidak boleh tebang pilih dalam menegakkan hukum. Hal itu disebutnya juga demi keadilan bagi rakyat Jakarta.

“Supaya ada keadilan bagi semua rakyat Jakarta. Penegak hukum tidak boleh tebang pilih dalam penegakan hukum,” ujarnya.

Basri pun meminta Anies hadir memenuhi panggilan klarifikasi tersebut. Kehadiran Anies, sebut dia, mencerminkan sikap warga yang taat hukum.

“Sebagai warga negara yang taat hukum, maka Gubernur wajib hadir dalam pemanggilan tersebut,” tegas Basri.

Sebelumnya, Mabes Polri akan memanggil sejumlah pihak, termasuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, buntut acara Habib Rizieq Syihab. Pemanggilan Anies dan sejumlah pihak ini untuk mengklarifikasi dugaan tindak pidana UU Kekarantinaan Kesehatan.

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan surat klarifikasi telah dilayangkan kepada Anies dan sejumlah pihak. Sejumlah pihak terkait acara HRS yakni Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara hingga beberapa tamu acara HRS.

“Jadi penyidik sudah mengirimkan surat klarifikasi kepada anggota bimas yang bertugas protokol kesehatan kepada RT, kepada RW, kepada satpam maupun linmas dan kemudian lurah, camat dan Wali Kota Jakarta Pusat kemudian dari KUA, dari Satgas COVID-19, biro hukum DKI dan Gubernur DKI, biro hukum…,” kata Argo, Senin (16/11).

“Dan kemudian beberapa tamu yang hadir,” jelas Argo.

Anies akan diminta klarifikasi di Polda Metro Jaya pada Selasa (17/11) besok. Selain Anies, ada juga beberapa tokoh lainnya yang akan dipanggil.

“Iya kita klarfikasi untuk kegiatan yang sudah dilakukan ini. Kita klarifikasi aja untuk status sebenarnya,” kata Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat saat dihubungi wartawan, Senin (16/11).

More News